Buat Yang Belum Kenal Marco van Basten Baca Informasi Bola Ini!

Posted on

Marcel van Basten (31 Oktober 1964, Utrecht, Belanda) atau Marco van Basten adalah seorang manajer sepakbola dan pensiunan pemain sepakbola Belanda, yang sempat memperkuat Ajax dan Milan, serta timnas Belanda, pada dekade ’80-an dan awal ’90-an sebagai sesosok penyerang. Dia ditunjuk sebagai salah satu punggawa terbesar sepanjang waktu dan sudah mencetak kira-kira 300 gol semasa kariernya, tetapi karena mengalami cedera, ia menampilkan pertandingan terakhir tahun 1993 saat usia 28, cedera itu memaksanya pensiun 2 tahun setelahnya. Dirinya kemudian jadi pelatih kepala Ajax, timnas Belanda, Heerenveen, serta AZ Alkmaar.

Karir Sepakbola Marco van Basten

Agen Bola ini menuliskan didalam blognya bahwa Awal tahun Marco van Basten mengawali bermain tuk tim lokal yang ada di kotanya yaitu Utrecht, EDO, saat ia berusia 6 tahun. Setahun berselang, ia move ke UVV Utrecht yang masih berada di sekitar kota juga. Usai 9 tahun di sana, dia sempat bermain kepada klub lainnya dari Utrecht, Elinkwijk.

Ajax menandatangani Van Basten untuk musim 1981-1982. Dia memainkan pertandingan pertamanya tuk Ajax bulan April 1982, membuat gol laganya 5-0 menang melawan NEC. Musim 1982-83, ia berkompetisi pada Eropa Wim Kieft tuk posisi penyerang tengah, serta mencetak 9 gol pada 20 pertandingan liga. Usai Kieft berangkat ke Serie A musim selanjutnya, Van Basten memastikan posisinya sebagai penyerang tunggal tim.

Milan tahun 1987 kedatangan van Basten karena kontrak yang ditawarkan dari Silvio Berlusconi, bersama rekan-rekan senegara Ruud Gullit serta Frank Rijkaard bermerger pada tahun 1988. Di musim pertamanya, Milan memenangi Scudetto pertama mereka pada 8 tahun, namun Van Basten cuma bermain 11 pertandingan dan terus-menerus tersendat oleh cedera di pergelangan kaki.

Timnas Belanda merekrut van Basten karena sudah melihat talenta berbakat di usia muda, lalu timnas Belanda adalah karir seniornya, dan dia dipanggil tuk FIFA World Championship 1983 Youth. Saat UEFA Euro 1988, Van Basten menampilkan peran penting pada kemenangan Belanda. Dia menyarangkan total 5 gol, tergolong hattrick lawan Inggris, gol keberhasilan di semi-final atas Jerman Barat, dan tendangan voli mengagumkan di final menghadapi Uni Soviet. Ia pencetak gol terbanyak lalu dinobatkan jadi pemain best turnamen.

Gaya Bermain van Basten

Dianggap jadi salah satu striker apik sepanjang masa, Van Basten populer karena finishing yang klinis, dengan kecondongan untuk membuat gol akrobatik. Tinggi badan dan kekuatannya memungkinkan ia unggul di udara, dan talenta teknis dan kelincahan dia mengeksekusi serangan, semacam tembakan bicycle kick, selama karirnya. Seorang striker cepat serta oportunistik secara reaksi cepat, dia sering ambil keuntungan daripada bola lepas di kotak penalti. Punya tembakan yang kuat juga akurat, ia sanggup mencetak gol dengan ke-2 kaki dari dalam ataupun luar kotak penalti, serta dengan kepalanya; ia juga sesosok tendangan penalti serta tendangan bebas akurat. Baca selengkapnya di https://agenbola.io/category/berita-bola/profil-pemain-sepakbola/

Karir Manajer van Basten

Pada 29 Juli 2004, Van Basten manajer baru timnas Belanda, bersama Van’t Schip menjadi asistennya. Van Basten diangkat menjadi manajer Belanda memunculkan kontroversi kecil saat itu, karena van Basten belum lama memulai karir manajer dan media berasumsi bahwa ia tak memiliki pengalaman banyak. Van Basten pribadi memiliki keraguan saat KNVB memintanyantuk menjadi manager baru, walaupun ia mengakui bila “sulit melewatkan kesempatan”. Sebagai manajer, ia lekas membuktikan dirinya menjadi seorang yang dengan prinsip yang kuat. Van Basten tersohor menjatuhkan keputusan tetap semacam dari pemain Clarence Seedorf, Edgar Davids, Patrick Kluivert dan Roy Makaay serta benched Mark van Bommel, lantaran ia percaya bahwa mereka positif saat masa lalu mereka prime dan akan terus berprestasi.

Prestasi Individual van Basten

  • Eredivisie Top Scorer: 1983-1987
  • Dutch Footballer of the Year: 1984–1985
  • European Golden Boot: 1985–1986
  • World Golden Boot: 1985–1986
  • World Soccer Player of the Year: 1988, 1992
  • UEFA European Football Championship Best Palyer and Top Scorer: 1988
  • A.C. Milan Hall of Fame

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *