Tips Supaya Anak Sehat Selalu Saat Liburan

Posted on

Libur telah tiba, itu adalah kata yang kerap kita dengar ketika liburan satang. Dan umumnya anak-anak mau berlibur dan berkunjung ke suatu tempat tuk mengobati rasa bosannya selama sekolah. Namun biasanya usai pulang liburan ataupun di saat liburan, anak-anak bakal merasa capek berlebihan dan akhirnya bisa membuat mereka jatuh sakit.

Jika anak sering jatuh sakit kemudian yang akan repot pun nanti orang tua tersendiri, maka sebaiknya ajarkan mereka, ana kalian tuk sudah mengawali gaya hidup sehat semenjak sekarang. Tuk menghindari hal ini, maka disini kita bakal sharing informasi dan tips supaya anak kalian tetap sehat sewaktu liburan. Penasaran kan bagaimana tips ini? Boleh dilihat sampai tuntas.

Jaga Kebersihan Tangan

Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO menyarankan tuk cuci tangan tidka boleh malas, mengingat fakta gerakan ini yakni mampu meminimalisasi resiko gangguan saluran pernapasan sampai 45%. Disamping itu, 80% persebaran kuman pun dilakukan lewat sentuhan, sementara anak-anak pasti bakal menyentuh tidak sedikit benda sepanjang liburan. Selalu ingatkan anak kalian tuk mencuci tangan menjelang dan setelah makan, usai bersin dan barangkali setelah main dengan hewan peliharaan. Usahakan terus memakai sabun yang menyimpan antiseptik tiap kali cuci tangan.

Memilih Makanan dan Minuman Sehat

Biasanya bila tengah berlibur, orang tua tak terlalu memperhatikan apa yang anak konsumsi. Ya… liburan umumnya jadi alasan kenapa orang tua kerap memberikan jajanan cepat saji alias junk food pada anak-anaknya. Tapi kenyataannya makanan dan minuman merupakan faktor penting tuk menjaga kesehatan anak-anak. Selalu beri anak makanan 4 sehat 5 sempurna. Siapkan selalu air mineral, tuk mengurangi kebiasaan meminum minuman bersoda. Usahakan pula tuk mengingatkan anak-anak kalian supaya makan teratur dan tak menundanya, tips ini umumnya bisa mencegah anak supaya tak mengkonsumsi makanan lain semacam junk food.

Hindari Kontak langsung dengan wajah anak

Umumnya orang yang gemas pada anak-anaknya yang lucu kerap menempelkan wajah mereka kepada sang anak. Hal yang tak kalian ketahui ialah, saat kalian menempelkan wajah kalian pada anak, secara belum langsung kalian bakal menulari anak dengan bakteri dari kalian, semacam influenza, batuk, dan lain-lain. Hindarkan kontak langsung jika tak mau menularkan bakteri.

Tetap Aktif

Usahakan tuk menyuruh anak kalian tetap aktif main diluar sebagaimana bersepeda, lari, serta lainnya. Yang penting adalah anak musti aktif bergerak juga mengeluarkan keringat. Hal itu dapat menguatkan daya tahan badan si anak. Tidak perlu berlama-lama menonton tv, bermain komputer juga berdiam diri sebab tak baik tuk kesehatannya, terutama mata.

Istirahat Cukup

Saat sedang liburan umumnya anak akan bangun sedikit siang daripada saat sekolah. Hal tersebut lumrah. Namun jika terlalu sering maka tak baik juga untuk anak. Usahakan tuk istirahat sesuai jadwalnya, hindari tidur larut malam. Saat tidur, anggota tubuh anak akan istirahat dan membalikan energi mereka yang sudah terpakai seharian. Disamping itu, tidur pun akan menaikan imun dan memperbaharui sel mati. Supaya anak selalu beristirahat cukup saat liburan, terapkan masa tidur yang tidak beda dengan rutinitas. Jangan lupa tuk bawa benda kesayangannya, semacam boneka, selimut, dan bantal yang bakal membuatnya terasa nyaman meskipun tak sedang ada di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *